Resume Materi ke 20 KBMN angkatan ke 28
Buku bacaan termasuk satu di antara sumber ilmu pengetahuan dan sarana atau media dalam proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Untuk mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata, dengan mengadakan berbagai lomba maupun pengembangan literasi membaca di setiap jenjang pendidikan. Dan dalam membangun budaya membaca sejak dini pemerintah memberikan cukup besar, dengan menyediakan buku bacaan untuk proses belajar mengajar di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dan terhadap budaya membaca menyebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, dan ini jadi menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Oleh karena itu maka perlu juga untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, oleh karena itu kita perlu strategi dalam pemasaran. Strategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, entrepreneur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan sifatnya unik. Kenapa demikian?, karena ini dilihat dari jenis – jenis buku yang akan diterbitkan. Jenis – jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Contohnya Penerbit ANDI Offset katika harus menerbitkan buku yang cukup banyak, misalnya kategori produk yaitu ada 32 kategori, diantaranya: kategori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, dll., dari jenis – jenis kategori buku tersebut kemudian dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dan berkoordinasi dengan beberapa kegiatan bisnis lainnya.
Sedangkan strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
1. Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Pak Agus membuat strategi pemasaran buku dengan melakukan pemetaan, beliau memetakan menjadi dua startegi, yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan darat. Dan juga dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Untuk dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
Strategi ini bermula saat terjadi pandemi Covid 19 melanda dunia, suka tidak suka kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan pelanggan maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing antara lain:
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website penerbit kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
Social Media Marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
Pemasaran melalui channel youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.
Rupanya dilakukan upaya agar supaya promosi lebih menarik, maka disiasati dengan salah satu metode promosi jualan online yang dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Sedangkan untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktif untuk terus promosi, supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga
- Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk di benak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen
*) Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Penjualan lewat komunitas juga cukup efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh: Komunitas arisan, komunitas guru/dosen, pelajar/mahasiswa dan komunitas-komunitaas lainnya.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OFFLINE).
Dalam pemasaran buku, maka untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku, harus dilakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Bookstore, Gunung Agung Bookstore dan TogaMas Bookstore. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem sentralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan menggunakan sistem administrasi penjualan per toko. Sedangkan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain:
- Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM, dll)
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Direct Selling ini kita petakan berdasarkan jenis kategori buku yang kita terbitkan. Jenis Kategori buku penjualan lewat Direct Selling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu:
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK, Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (sales).
Membagi petugas tenaga penjual/sales berdasarkan mapping area, dan tersebut kita beri tanggung jawab dengan memberikan target jual tertentu. Mereka bertugas untuk melakukan:
- Kunjungan langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan langsung ke setiap kampus
- Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpustakaan Kampus, Perpustakaan Daerah dll.
Inilah materi marketing buku yang wajib penuis ketahui, akan tetapi tugas utama kita adalah terus memproduksi hasil tulisan kita menjadi buku. untuk pemasaran kita serahkan pada ahlinya.walaupun kita juga bisa mempromosikan juga hasil karya kita melalui jejaring sosial yang kita punya.
Demikian kiranya paparan resume yang dapat saya tuliskan, mohon maaf jika ada kekurangan.
Makasar, 23 Februari 2023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar